SURAT TERBUKA UNTUK AA GYM

SURAT TERBUKA UNTUK AA GYM*

    Aa’ gym

Pict: www.tokohindonesia.com

Aa Gym, saya tak kaget ketika mendengar gosip anda kawin lagi. Saya kecut ketika anda mengakuinya. Saya muak mendengar alasan anda bahwa perkawinan kedua itu untuk menghindari zina. Daripada teman tapi mesum, katamu. Astaga. Sudah sebegitu mesumkah anda jika berteman dengan perempuan?

Beristri lebih dari satu tentu tidak dilarang, seperti kau sebut-sebut kepada banyak wartawan. Agama Islam membolehkan dengan syarat yang ketat. Anda tentu merasa bisa memenuhi syarat itu sehingga memutuskan berpoligami, tiga bulan lalu. Tapi guru-guru ngaji saya di dusun, yang tentu tak sepopuler anda, menceritakan bukan dengan alasan takut zina Rasulullah menikahi perempuan lebih dari dua. Rasulullah menikahiperempuan yang suaminya gugur di medan perang dalam menyebarkan ajaran Islam. Ia hidup di zaman perang yang mengancam nyawa dan keselamatan.Lagipula dia berpoligami setelah Siti Khadijah, istri pertamanya, meninggal. Yang saya tahu, begitulah alasan Nabi memperistri banyak perempuan. Anda hidup di Indonesia yang mulai damai. Bahkan anda hidup di Bandung, sebuah
kota yang menjadi tujuan wisata akhir pekan.

Yang jadi soal adalah bukan dilarang atau tidaknya poligami oleh ajaran agama. Tindakan anda legal di mata hukum apapun. Tapi tidak di mata “hukum” sosial. Anda seorang ustad yang tiap hari berkotbah tentang nilai-nilai moral di televisi, di masjid, menulis di koran, radio, bahkan lewat telepon seluler. Anda merangsek begitu jauh ke dalam hidup setiap orang. Banyak
orang, dengan begitu, menjadikan anda sebagaipanutan. Inilah soalnya. Anda mungkin cuma manusia biasa yang bisa salah. Tentu saja. Anda bukan nabi. Tapi perbuatan anda itu sudah dipikirkan benar bahkan sejak lima tahun lalu. Anda tentu sadar sepenuhnya melakukan poligami. Ada banyak orang, memang, yang juga tak puas dengan satu istri. Tapi mereka tak saya kenal. Mereka tak berkotbah tentang nilai-nilai luhur dan amal soleh.

Dulu, saya pernah juga ikut latah menjadi pelanggan SMS tausyiahmu. Lima kali dalam sehari saya membaca omong kosong tentang kebajikan, sampai saya menghentikannya ketika profil anda dimuat berseri-seri di media massa. Saya berhenti setelah membaca laporan wartawan /Time/ yang menyebut anda Holyman, orang suci, yang berpose dengan motor gede dan gantole. Ganteng benar anda dengan semua kemewahan itu. Nabi Muhammad, orang yang paling anda kagumi dan kisah bajiknya sering kau kutip dalam ceramahmu, hanya punya sandal dari jerami yang ia jahit sendiri jika sobek.

Anda tak salah menikmati semua kerja dengan kekayaan itu. Tapi menjadi tak relevan ketika dipamer-pamerkan untuk semua orang. Bukankah memamerkan itu satu perbuatan kecil dari riya? Maka saya berhenti berlangganan tausyiahmu. Saya merasa tak ada gunanya membaca pesan moral dari orang yang suka berpamer-pamer harta. Sesekali saya masih ikut menonton kotbahmu di televisi, bersama anak dan istri saya–ketika tak punya pilihan acara televisi saat libur–seraya berdoa semoga orang lain mengikuti apa yang kau anjurkan. Di televisi, anda berpose mesra dengan istri pertama. Saya kian muak dengan sandiwara itu.

Istri anda mungkin sudah bisa ikhlas setelah mendengar semua argumen anda dengan tameng semua ayat dan hadits juga janji sorga. Tapi, bagaimana perasaan orang lain yang menjadi korban poligami ayah dan suami mereka? Inikah hikmah yang ingin kaudapat? Anda harusnya tahu, dengan pro-kontra yang beredar di jamaahmu yang sedih dan kecewa di Bandung itu saja, hikmah itu sudah pupus. Anda ingin belajar adil dan ikhlas dengan poligami. Tak adakah cara lain belajar tentang dua hal itu dan menunjukkannya kepada orang lain? Anda ingin mengubah pandangan orang yang tak setuju. Tak bolehkah orang tak setuju? Poligami adalah pilihan, bukan tuntunan.

Keputusan anda berpoligami itu, Aa Gym, makin menyempurnakan runtuhnya kepercayaan saya kepada semua pengkotbah agama. Saya kian tak percaya apa yang diomongkan para pengkotbah yang merampas hak saya menikmati tontonan bagus di televisi. Menjadi ulama itu sulit, tapi kenapa begitu mudah orang berkotbah hanya dengan mengutip satu dua ayat plus lawakan yang sering terasa garing, lalu menjadi kaya dengan itu. Saya lebih senang menonton pertunjukan Oprah Winfrey, atau Extravaganza, atau Srimulat. Mereka tak berusaha memberi pesan muluk, tapi saya terhibur.

Kita sudah jenuh dengan retorika. Anda tampil menambahnya, seolah-olah memberi resep dalam hidup sehari-hari yang sumpek. Saya terkesima, mula-mula. Kotbahmu mengena. Anda, sepertinya, tak mencari kekayaan bermodal pengetahuan ayat dan hadist. Anda sudah kaya sebelum jadi ustad, meskipun saya tak tahu berapa rupiah anda dibayar satu kali tampil di mimbar.

Anda benar, tak mudah memang menjalankan 3M yang sering anda ulang-ulang: mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai sekarang juga. Saya pernah mencoba dan tak bisa. Kini anda sendiri gagal menjalankannya. Anda tak bisa memulai dari diri sendiri karena anda sendiri tak menganjurkan orang lain berpoligami. Anda juga lupa bahwa kesenangan duniawi kerap mengerangkeng akal sehat dan menyilapkan ingatan terhadap zaman hidup susah,
ketika nasib ada di bawah, seperti katamu.

Aa Gym, seperti katamu lagi, memang gampang merumuskan sebuah kebajikan tapi berat menjalankannya. Anda bukti paling sempurna untuk itu. Anda sering menganjurkan agar jangan menyakiti orang lain, jika tak ingin disakiti orang lain. Ketika anda meminta izin menikah lagi, istri anda terguncang dan meriang. Anak-anak marah dan kecewa. Perempuan mana sih yang mau cinta suaminya terbagi-bagi? Tindakan anda makin mengukuhkan kesimpulan para pengkritik Nabi Muhammad yang dituding menyebarkan ajaran tak memberi tempat pada perasaan perempuan. Tindakan anda itu mengguncang saya sebagai ayah dan suami. Saya khawatir anak saya mencerna salah tindakan anda itu.

O, ya, saya juga dipanggil Aa di rumah. Dua adik saya memanggil begitu, istri saya mengikuti. Ketenaran anda ikut mempopulerkan panggilan khas di keluarga-keluarga orang Sunda. Saya malu menyandang panggilan itu kini.

Saya doakan semoga berat badan anda pulih dan tak berjerawat lagi.

*dapet dari milis.

Pos ini dipublikasikan di Love n Friendship, Other, Politics, Religions. Tandai permalink.

69 Balasan ke SURAT TERBUKA UNTUK AA GYM

  1. Anonim berkata:

    Saya juga sejak pertama mengikuti kursus kilat
    di daaruttauhid sudah mencium gelagat aneh Aa
    Gym. Heran, kok ustadz pakai pamer segala naik
    motor Harleynya. Juga pamer tidak pakai sorban.
    Ilmunya mungkin juga hanya mengutip dari buku
    karangan orang barat. Jadi kesannya norak lah.
    Nggak heran dengan apa yang terjadi sekarang.
    Habis emang cuma segitu aja wawasannya.

  2. Mz Fer berkata:

    yah….semua orang berhak mengutarakan pendapatnya. negara bebas, demokrasi. kalo ada yang senang dengan kejadian Aa’ Gym, boleh. yang ga suka juga boleh. tergantung bagaimana kita menyikapi nya. Ok…. :p

  3. Thamrin berkata:

    Ada yang membedakan antara Nabi Muhammad SAW dgn AA Gym atau para da’i lain yang sangat sibuk berdakwah di berbagai tempat dan televisi, Beliau tak mendapat upah dan imbalan atau honor, sementara kini para da’i tersebut menjadikan kemampuan mereka berceramah dan mengutip ayat suci Al Qur’an serta Hadist sebagai mata pencarian. Padahal menengok ke belakang di era 70-an saja misalnya, para da’i tak “seganas” sekarang ini……😉

  4. antosalafy berkata:

    kecut kok dipampang gambarnya…hehehe

  5. antosalafy berkata:

    masalah poligami? baca dong keterangan syaik ahmad syakir, ulama dari mesir. baca di http://www.antosalafy.wordpress.com

  6. Amier berkata:

    Iya, setuju sekali.
    Saya khawatir Polygami ini jadi trend, … toh yang jadi panutan juga begitu ! Repot juga, karena kalau sampai tidak boleh kawin-kawin secara resmi maka yang akan terjadi adalah kawin-kawinan kayak ala Yahya Zaini ! Aduuuh,…. puusiiing.

  7. Dicky berkata:

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Mari kita berpikir jernih saja. Jangan karena melihat seorang ulama difoto dengan motor kesayangannya lantas kita bisa bilang dia riya. Yang tau dia ria atau tidak hanya dia sendiri dan Allah Swt.

    Kita tidak tau persis apa tujuan Aa Gym sebenarnya dibalik poligaminya itu. Karena kita tidak tau lebih baik kita berbaik sangka saja. Siapa tau juga syarat-syarat untuk poligami itu sudah Aa Gym usahakan untuk dipenuhi. Aa Gym juga manusia yang pasti tidak luput dari khilaf.

    Mari kita doakan saja agar Aa Gym terus diluruskan niatnya oleh Allah Swt.

    Mari berbaik sangka…..

  8. anick berkata:

    UU Perkawinan No. 1/1974

    Pasal 4

    (1). Dalam hal seorang suami akan beristeri lebih dari seorang,
    sebagaimana tersebut dalam Pasal 3 ayat (2) Undang-undang ini, maka ia
    wajib mengajukan permohonan kepada Pengadilan di daerah tempat tinggalnya.

    (2). Pengadilan dimaksud data ayat (1) pasal ini hanya memberikan izin
    kepada seorang suami yang akan beristeri lebih dari seorang apabila:

    a. isteri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri;

    b. isteri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan;

    c. isteri tidak dapat melahirkan keturunan.

  9. mrtajib berkata:

    ha ha ha….sudah terlalu banyak ustads, atau apalah namanya (kiai, ulama, dll.) yang begitu atau serupa. Sudah terlalu membosankan. Awalnya, kehadiran orang seperti Aa, dan kelompoknya, bisa menjadi alternatif ketika ustad dll. sebelumnya sudah semakin ditinggalkan (dengan alasan kolot, tradisional, dll.). tetapi rupanya sama saja…

    Seperti ulama di MUI itu yang mengharamkan liberalisme, dan semacamnya……toh ya…..lihat saja…sama saja…

    Mbelgedhes…

    Sok meniru dan mengikuti nabi. padahal nabi itu pakai sandal jepit…(seperyi di surat itu).

    Juga yang tidak bisa dinafikan, para pengikut nabi awal-awa itu semuanya orang kere, hamba sahaya…tidak ada penguasa (dan Aa menurut saya itu ya pengusaha MQ…….sampai bikin air mineral MQ segala…).

    mbelgedes..

    sudahlah, para bligger jaadi ustad saja….

  10. Neetha berkata:

    No body perfect, just it.., walaupun dia alim ulama terkenal, tapi dia itu manusia, yang tak luput dari kesalahan. kekayaan dan ketenaran dapat mengikis iman seseorang, lebih baik jadi ulama yang sederhana daripada jadi ulama yang kesohor. klo ulama sederhana mo poligami pun pasti gak bakal disorot, tapi kalo yang kesohor kek aa gym kita nih.., mesti mikir2 dolo tu, sebelum bertindak. jadi buat kita2, tiada yang baik yang bisa dijadikan contoh tauladan selain Nabi Muhammad SAW.

  11. Wanto berkata:

    Sungguh mudah menyimpulkan bahwa agama yang paling benar akhirnya nyata sekali masih perlu banyak pembenaran karena berdiri diatas nilai dasar yang salah. Sadarilah poligami bukan suatu hal yang BENAR!!! Karena PASTI menyalahi nurani keadilan hati semua orang, dan hukum Allah tidak mungkin tidak sejalan dengan ini. Jadi ujilah ajaran setiap orang dgn hal mendasar ini sebelum jadi pengikutnya, termasuk Muhammad sekalipun agar tidak menyesal dan kecewa..

  12. salvador_ballesta berkata:

    Kok pada ngributin masalah Aa’ Gym seh? Wong yg di ributin lagi threesome tuh. Tunggu aja seri manajemen terbaru dari Aa’ Gym: Manajemen Syahwat.

  13. Anonim berkata:

    aa…………. jangan pake alasan agama mau poligami

    nabi berpoligami buat nolong wanita

    kaLO AA……..

    auk dech gelap!

    teh nini, yang sabar ya……

  14. lafadl berkata:

    nabi muhammad melarang menantunya (ALi) berpoligami dan cari istri kedua setelah FAtimah…

  15. pramajosss berkata:

    all of action hanged on the objective.
    if the aim is akhirat you will get it &
    if the aim is desire COMPLIANCE, ALSO TOO.
    WE dont HAVE PRIVILLEGE to give an apreciation aor any thing about others, aslongas we dontknow wht actually happen

  16. sadar dech berkata:

    kita yang sadar… yang gak ketiduran selama hidup
    bertahun – tahun di dunia ini.., memang untuk kasus poligami masih
    banyak ulama yang beda pendapat, tapi ya lihat
    western style dengan gaya free sex, kebebasan
    pornografi, dan kebebasan prostitusi
    menikah apa free sex ya…? yang memiliki nilai
    moral yang lebih baik..?

  17. haysnaidra berkata:

    entahlah … saya hanya berusaha untuk menyikapinya secara adil … ya … rasanya “adil” juga menjadi kata kunci untuk berpoligami …
    adil? hmmm … sulitnya minta ampun … pada waktu … pada harta … pada keluarga … pada saudara … pada jiran tetangga … pada teman … pada fakir – miskin … pada yatim … dan pada – pada lainnya, termasuk pada diri kita sendiri … belum lagi berlaku adil terhadap setiap tetes nikmat, karunia, dan hidayah dari Allah SWT …
    … na’uzubillah min zalik … Allahu Akbar …
    ( … just for while … i thinking about myself … sedih )

  18. nessy sarinda berkata:

    Aa Gym kawin lagi, Oh My God

    Sungguh merupakan ‘shock therapy’ plus kekecewaan yg sangat mendalam melihat kenyataan : Aa Gym kawin lagi = poligami.

    Aa Gym sdh merupakan ‘icon dan figur teladan’, pemimpin rohani penyejuk jiwa, pengajarannya yg begitu luar biasa dan penuh kasih, ‘self improvement / self evaluation’, pengajaran mengenai akhlak yg baik, sifat dan sikap yang benar, dan pengajaran Aa dapat diterima dg baik oleh lapisan masyarakat, dan bahkan tidak jarang kami ikut berlinang air mata meresapi doa Aa, Aa sudah menjadi idola keluarga, baik islam maupun non islam diseluruh tanah air.

    Ironi sekali melihat Aa Gym kawin lagi, selama ini kami melihat Aa begitu mencintai dan memuliakan istrinya Teh Ninih. Mengajarkan bahwa yg penting dari seorang pemimpin adalah memimpin dengan contoh : 3M, mulai dr diri sendiri, mulai dr hal kecil, mulai dr sekarang. Aa poligami memberikan preseden buruk yang bisa diikuti oleh penggemar Aa. Ada bapak yg berkomentar ‘Aa Gym aja ngga tahan lihat cewek cakep, apalagi kita???’ Bisa2 poligami jadi trend 2007.

    Melihat Teh Ninih yg berusaha kelihatan tegar, tidak punya pilihan lebih baik dan harus pasrah menerima dimadu, sungguh menyedihkan, sejujurnya mana ada istri pertama yg normal, yg mau berbagi suami, bukankah seharusnya Teh Ninih berusaha keras menjaga keutuhan keluarga, dan tidak boleh mengijinkan suami untuk kawin lagi. Itu membuktikan kegagalan dalam menjaga keutuhan keluarga. Jika ada masalah dalam ‘hubungan’ suami istri, kenapa tidak melakukan counseling dg para ahli.

    Rini yg rupawan dan cerdas, kenapa tega merusak keluarga Aa, Aa dan The Ninih sudah merupakan ‘icon’ keluarga ideal dan bahagia; contoh idaman banyak keluarga. Tentunya anda menyadari bahwa banyak orang akan sangat terluka hatinya dg perkawinan anda dg Aa Gym.

    Aa selalu melantunkan lagu ‘jagalah hati, jangan kau kotori’ kenapa tidak bisa menjaga keinginan hati Aa sendiri dari kenikmatan duniawi yg berlebihan. Aa juga tidak peduli dengan harga diri istri dan anak anak, serta keluarga besar The Ninih dan Aa. Bagaimana rasanya jika anggota keluarga yg Aa cintai, misalnya Ibu Aa atau saudara perempuan Aa dimadu. Aa pernah menulis jangan mempersulit dan menyengsarakan diri dan keluarga, pikiran harus jernih, terkendali dan jangan terjebak dalam masalah yang tidak perlu dan harus berikhtiar supaya dekat Allah, dan mengamalkan apa yg disukaiNya. Apakah Aa yakin kalau poligami adalah suatu tindakan yg berkenan dan menyenangkan Allah?

    Walaupun dg dalih diperbolehkan agama, ini suatu kemunduran bagi hak azazi perempuan, mana mungkin seorang suami bisa selalu berlaku adil dg lebih dari satu istri. Mungkin Aa bisa belikan rumah, mobil, perhiasan yg sama untuk The Ninih dan Rini, apa Aa bisa menjamin memberikan layanan yg sama, menumpahkan kekesalan, memberikan kasih sayang dan waktu yg sama kepada istri – istri dan anak – anak (+ anak tiri)???

    Sewaktu Aa naksir Teh Ninih dulu, Teh Ninih mau dipinang Aa yg ‘bukan siapa siapa’ dan ‘bokek’ (maaf) saat itu, The Ninih bersedia jadi istri Aa, pasti yang diharapkan adalah keSETIAan dan kasih sayang sepenuhnya dari suami. Ternyata setelah sekian tahun, suami itu menjadi populer dan kaya = tidak setia lagi dan tidak puas dengan istri pujaan masa mudanya.

    Sungguh Aa, walaupun Aa telah populer dan kaya, mungkin Aa sudah tidak membutuhkan para penggemar Aa lagi, namun kami merasa apa yg telah diajarkan Aa selama ini adalah suatu ke sia-siaan, karena nara sumbernya sendiri tidak mampu menerapkannya. Malah mengakibatkan pengikut Aa bisa ‘meneladani’ Aa untuk berpoligami.

    So, Bye bye Aa, kaset dan buku Aa menjadi tidak bermakna lagi, karena itu hanya sebatas teori, dan apapun penjelasan pembenaran diri Aa kawin lagi, terdengar sebagai alasan konyol belaka. Semoga kedepan muncul pemimpin rohani yg setia kepada keluarga dan tidak poligami yang lebih layak dijadikan contoh teladan.

    Mantan Penggemar Aa Gym
    Nessy Sarinda

  19. iliya berkata:

    semoga apa yang menjadi alasan aa gym selama ini memang benar adanya,
    mari kita doakan saja semoga teh nini kuat, tegar

  20. dhimasbagus berkata:

    Sebenernya bingung aku terhdp negara ini : 1. Mau nyonto Negarawan…Banyak Korupsinya, 2. Mau niru militer,…. waw takuuuut, 3. Mau niru pejabat…ya, dia juga niru-niru, 4. Mau niru guru,…Banyak nuntut gaji melulu, 5. mau niru polisi,…maen pripitan melulu,…6. Mau niru orang partai,…banyak rebutan kuenya, 7. Mau niru anggota dewan…banyak keluar negerinya,…8. Mau niru Ustad,…yang ini banyak kawinnya (eet…tapi ngak semua lho)
    JADI,…SEKARANG NEGARA INI SELAIN KRISIS EKONOMI, JUGA FIGURE CRYSIS (Sebab ngak ada manusia yang sempurna bluuur )

  21. ibsul aen berkata:

    AA berpoligami itu haq AA Gym. kita jangan menghujat karena menghujat itu adalah perbuatan buruk sangka, dan buruk sangka itu akan membawa celaka kepada yang berbuat buruk sangka dan akan menjadi pahala bagi yang di buruk sangkai oleh kita. jadi jagalah hati kita sesuai dengan apa yang selalu kita dengan dengan menjaga hati berarti kita menjauhkan diri dari perbuatan keji. sekali lagi menghujat adalah perbuatan don, don itu akan kembali lagi nilai min nya kepada orang yang berbuat don kepada orang lain (baca Al-quran ajah)

  22. qurota berkata:

    janganlah kita menghakimi masalah AA Gym berfoligami. karena itu haq nya AA gym berfoligami. jangan kita yang jadi ribut apalagi sampai kita menghujat, sampai berburuk sangka pada AA Gym. kita kembalikan aja masalah ini kepada Allah SWT yang mengetahui hati ini. yang memiliki jagat raya ini. mari kembalikan masalah ini kepada Sang kholiq. jangan sampai kita terperangkap dosa karena kita telah berbuat buruk sangka padanya (red AA Gym) sekali lagi hanya Allah yang tahu dan hanya Allah yang berkehendak. Wallahu ` bi shawab.

  23. pujangga bermulut pedas berkata:

    Well, setahu saya Islam tidak melarang atau menganjurkan poligami. Kalau ada yang berlindung di balik sunnah, marilah kita jujur pada diri kita sendiri, TERKADANG kita hanyalah mampu meneladani SEMANGAT Nabi Muhammad SAW. Menurut saya ada 3 hal yang harus digarisbawahi sebelum berpoligami:
    1. ALASAN, alasan yang jelas menurut saya mutlak hukumnya, entah si istri tidak bisa mempunyai keturunan atau tidak bisa melaksanakan kewajibannya sebagai istri, dll.
    2. ADIL, adil terhadap diri sendiri dan orang lain (istri). Apakah si istri benar-benar rela dimadu? Mendapatkan persetujuan istri menurut saya merupakan salah satu bentuk keadilan yang harus dijalankan -meskipun sekarang trendnya “kalo loe kagak mau dimadu, kita cerai aja”, waks..-
    3. JANGAN MUNAFIK, jangan pernah MUNAFIK kalo semua ini juga berpulang pada masalah SYAHWATTTTTT!!!

    Saya? Kalo saya sih penganut aliran “kodok makan ketupat”, istri empat? encok gak kuat.. wekekeke

    NB: Mbok meneladani bosnya bintang 9 aja, setia sampai mati sama istrinya (wong gak bisa liat yang laen….)

  24. pujangga bermulut pedas berkata:

    poligami? wong sekarang sudah jamannya poliponik sama poliklinik.. gitu aja kok repot.. wekekeke

  25. WIRA berkata:

    kenapa sich..poligami kok diributkan, biarlah yang poligami, itu kan hak pribadianya, aa gym hanya manusia biasa jangan disamakan dengan nabi… tetapi ayat itu turun untuk umat manusia sebagai solusi, Allah swt menghalalkan hal ini karena dia lebih tahu dari kita..Allah yang menciptakan manusia & seluruh isinya juga sebagai yang membuat aturan untuk makhluknya.
    ketika nabi muhammad melarang Ali bin abu tholib untuk menikah lagi…itu dikarena ali akan menikah dengan anak dari abu jahl..yang berbeda agama, jadi rasulullah takut putrinya akan terganggu karena perbedaan tersebut.
    Didalam Islam poligami itu dihalalkan dan hukumnya mubah (artinya kita bisa memilih) dan syaratnya harus adil (adil dalam arti pemberian nafka, giliran dan perlakuan yang sama). Dan poligami bukanlah kekerasan. Ini merupakan pilihan yang diberikan Allah SWT untuk menyelesaikan persoalan diantara manusia agar tidak menghantarkan pada perzinahan. Yang kita lihat saat ini kalau nikah dipersulit, pacaran difasilitasi, perceraian dimakhlumi, zina dianggap biasa dan poligami dicela. Anggapan bahwa poligami akan menimbulkan kekerasan dalam rumah tangga, itu akan terjadi jika tidak dijalankan sesuai dengan tuntunan Islam. Jadi poligami adalah solusi yang dihalalkan & Zina adalah solusi yang diharamkan.

  26. WIRA berkata:

    ya mudah-mudahan Aa Gym bisa menjalankan kehidupan poligaminya dengan benar sehingga tidak timbul masalah-masalah yang lain dan diakhirat pertanggung jawabanya lebih berat …ya..selamat deh

  27. Lianasari berkata:

    pertama aku denger aa nikah lagi wah sebel banget.kurang apa coba teh ninih….masya alloh teh ninih udah segitu number one nya sebagai istri tetep aja aa masih bisa berpaling……yang jelas saya sebel banget…..sebelllllllllllllllllll

  28. nasah berkata:

    siapa setuju pogami??

  29. jaja berkata:

    kenapa gym kawin lagi??apa dia masih butuh pendamping hidup tuk ngebantu ngeringanin beban dia?

  30. silvi berkata:

    Saya sebagai wanita yang sdh cukup umur, merasa poligami Aa Gym atau siapapun orangnya tergantung niatnya. Mudah-mudahan bisa dijalankan dengan baik dan menjadi contoh bagi orang lain yang niat berpoligami.
    Wanita yang pengen menjalankan sunnah nabi untuk berumah tangga masih sangat banyak yang sudah berusia 35 tahun lebih sementara pria yang berusia 35 tahun ke atas semakin sedikit yang belum punya istri. Demikian juga dengan janda
    Alangkah baiknya pria beristri yang sanggup berbuat adil (dlm tanda kutib) dan bertanggung terhadap anak-anak dan istri-istrinya diberi peluang untuk berpoligami dengan syah, dan terang-terangan bukan secara sembunyi-sembunyi dan nikah siri.
    Hal ini kembali lagi pada keimanan dan kesadaran seorang istri yang mengaku muslimah.
    Pemerintah harus peka terhadap masalah ini karena sekarang maksiat semakin meraja lela, peraturan ini dan itu dikeluarkan, tapi masih kita dengar perselingkuhan yang bahkan mengarah perzinaan justru dilakukan oleh Pegawai Negeri sendiri. Jangan-jangan banyaknya pegawai negeri wanita yang belum menikah disebabkan karena sudah tidak perawan lagi akibat perselingkuhan.
    Orang-orang seperti ini justru dibiarkan dan dianggap biasa sementara yang berpoligami dengan syah malah diributkan dan kalau PNS malah untuk wanita yang menjadi istri ke dua diberikan hukuman diberhentikan tidak dengan hormat. hebaaat sekali kaaan? Padahal diantara istri dan keluarganya rukun dan tidak ada masalah.
    Renungkanlah segala sesuatunya dengan jernih dan kembalikan pada Nya.

  31. NONO berkata:

    ANEEEEEH………., ORANG GAK PAHAM AGAMA KOQ BICARA TENTANG AGAMA.
    ULAMA YANG KEBETULAN BERPOLIGAMI DIKATAKAN ULAMA YANG TERSESAT, SEDANGKAN ADA SEORANG PENYANYI YANG MENJADI UZTADH WALAUPUN BERPOLIGAMI JUGA DIKATAKAN ORANG YANG MENDAPAT HIDAYAH….HEEEEEEE
    ANEEEH DUNIA SEMAKIN TUA….

  32. Hek Mo Liong-ong berkata:

    Wah Poligami ya? Hmmm, poligami tuh bagus untuk memperbanyak keturunan, memperingan pekerjaan, meluangkan banyak waktu untuk berkreasi, mempermudah untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang isteri yang solehah.

    Memang kalau dilihat dari sisi marketingnya jalannya jadi lebih sulit karena adanya persaingan, tapi komitmennyakan bukan bisnis yang setor kewajiban kemudian tarik hak secepatnya didunia ini juga.

    Biarlah si suami bisa mengalihkan kekecewaannya dari servis seorang isteri yang tidak selalu cukup dapat menyempurnakan kewajibannya. Nah, bukankah itu menjadi keuntungan bagi sang isteri.

    Kalo orang bisa punya 2 rumah, 2 mobil, 2 HP,… Lantas dimana letak salahnya bila burung punya dua sangkar? Ya! benar salahnya terletak di hati. Adalah yang selalu mengumandangkan kata cinta tapi tidak tau arti cinta yang sesungguhnya.

    Menjadikannya panutan karena hati
    Menghujatnya juga karena hati
    Aih. Sungguh benar sekali
    Jagalah hati jangan kau nodai

    “Maka ambillah butir-butir kebijaksanaan di mana pun ia berada, karena apabila ucapan kebijaksanaan berada di dada seorang munafik, ia menggelepar sampai ia keluar dan bermukim dengan yang lain-lain yang sejenisnya di dada orang mukmin”

  33. dude berkata:

    Menurut saya poligamy dimasa yang akan datang dengan mempertimbangankan
    1. jumlah perempuan yang akan lebih banyak dari jumlah laki-laki
    2. kesadaran perempuan lebih baik dimana mereka punya hak azasi untuk berkeluarga dan punya suami
    maka poligami itu menjadi haknya perempuan untuk dinikahi dan kewajiban laki-laki untuk punya istri lebih dari satu orang.

    kalau udah gini mungkin pada masa itu laki-laki yang agama bagus, ekonominya mapan dan sehat jasmani rohani dan istrinya belum emapt orang akan dituntut oleh seorang perempuan untuk menikahinya . . . aduh laki-laki tambah susah deh . . . COBA RENUNGKAN

    Dan kalau poligami dilihat dari sisi napsu laki-laki itu rugi berat karena nikmatnya sex tidak lebih dari 10 s/d 1 jam dan itu tidak bisa dilakukan tiap hari . . . loyo berat, tetapi tanggung jawab dunia perhari 24 jam, belum perminggu dsb itu baru dunia belum akhirat, memang ada laki-laki yang poligami hanya memikirkan nikmat sesaat tanpa pertimbangan tanggungjawab dunia dan akhirat, itu laki-laki paling gelo dan perempuannyanya juga sableng !!!

  34. dude berkata:

    ngomong-ngomong saya juga lagi cari istri lagi, persyaratas udah lengkap dan lulut uji materil termasuk ijin dari istri pertamaku . . . istriku emang luar biasa !!!

  35. Koko berkata:

    Penilaian orang terhadap sosok Aa Gym ada yang ekstrim dan ada yang biasa biasa saja. Terlepas penilaian yang bersifat ekstrim adalah kurangnya mereka memahami arti hidup dan kehidupan yang hakiki. Aa Gym juga manusia biasa yang telah diberi kelebihan oleh Alloh SWT melalui dakwah yang sangat persuasif dan banyak penggemar dan pemerhati terhadap sosok ini.

    Ketika beliau tersandung dengan pernikahannya yang ke dua menurut saya itu sah sah saja karena yang dinikahi juga manusia, dari seorang istrinyapun tidak berbuat yang tidak kontradiktif melainkan pasrah demi jalan yang terbaik yang ditempuh oleh sang suami. Jangan berpoligami itu dianggap bagai neraka di suatu rumah tangga, ambil pelajaran yang positif, dan jangan pula berdalih menguatkan pendapat dari hadist bahwa Nabi juga berpologami. Ambil sikap positifnya dan selama yang melakukan mampu berbuat adil dan bijaksana mengapa orang lain harus resah dan akhirnya meninggalkan ajarannya yang positif dan sejuk itu.

    Orang lebih suka berbuat zalim dengan diri sendiri ketimbang menilai orang yang mampu berbuat sesuatu tapi di hujat tanpa memandang segi positifnya. Itulah BANGSAKU yang tidak pernah dewasa jika memandang suatu masalah, terlebih hal itu di alami oleh Publik Figur yang menjadi Panutannya. Aa Gym juga manusia dan bukan malaikat.

    Jadilah bangsa yang dewasa dalam menghadapi dan menjalankan situasi bagaimanapun adanya. Sehingga kita akan lebih berintrospeksi terhada diri sendiri.

  36. isteri saya
    satu
    tetapi
    saya tidak
    berprasangka
    buruk
    pada
    AA’ Gym

    Dan Anda,
    mengapa
    tak
    sekalian
    aja
    Anda
    memprotes
    Quran
    tentang poligami?

    Tanggung,
    kalau
    cuma
    memprotes
    seorang
    AA !

  37. mampuin berkata:

    masyaallah kenapa kok dipermasalahkan hal semacam itu emangnya gak ada masalah lain yang lebih penting lagian itu kan rumah tangga orang lain kenapa di besar besarkan .Lebih baik bahas tentang pembunuhan yang dilakukan oleh orang berbahaya ato masalah keimanan seseorang yang mulai hilang ato yang lainnya gitu eh malah bahas yang bisa diatasi orang yang bersangkutan allahuakbar

  38. kimpul berkata:

    duh kalau baca komentar kalian yang diatas kok kayaknya pada munafik semua sich.Tau nggak Aa Gym jg manusia biasa yang punya rasa dan keinginan. Kalau emang kalian nggak suka ya udah nggak usah kalian menghujat donk emang kalian orang suci yg nggak punya rasa dan nafsu. Tapi yang pasti Aa Gym masih takut dengan Allah dengan menikah lagi daripada kalian bisanya cuman Zina Hati, mata dan tubuh kali……

  39. johan arifin berkata:

    Istigfar,.buat Aa gym maupun yang membuat comment,..Mari kita lihat diri kita ini bagaimana? Sudahkah kita sendiri melakukan apa yang dilakukan dalam syariat Islam? Banyak yang bisa menyampaikan, tapi tidak bisa menjalankan (Jarkoni = Iso ujar gak iso nglakoni) ..Apa yang Aa gym lakukan dg poligami bisa untuk tujuan baik buat dirinya, namun bisa saja menjadi buruk dimata sosial, masalahnya kan karena istri keduanya lebih muda dan cantik,.Andai Aa gym menikah lagi dengan seorang janda tua atau nenek nenek, mungkin komment hujatan akan berbuah dengan pujian? tapi masalahnya,..ada “Syahwat” disana, yang tak bisa dibohongi,..memang Kaum Pria banyak yang berbohong,termasuk berbohong pada diri sendiri,..demi sebuah kata”Syahwat”,..maka betul ada yang comment, baiknya ada pendidikan manajemen syahwat,bung! Mari kita introspeksi!!

  40. putra berkata:

    semua warga indonesia diharap tenang. hentikan komentarmu karena itu gak ada gunanya. hanya aa dan Allah Swt yang tau knp aa melakukan pilihan untuk poligami. jadi saya harap jangan berkomentar khawatir komentar anda tidak benar dan dijadikan komentar orang lain yang gak tau ilmunya.

  41. Fairuz Azzahra berkata:

    Cape deh…
    Aa Gym yang poligami kok kalian yang ribut.
    Kita kan ga tau maksud dan tujuan sebenarnya dari Aa buat melakukan poligami itu.
    Jadi udahlah, kalo kalian malah berlomba-lomba buat menghujat, abis nanti pahala kalian dikasih Allah buat Aa.

  42. Maulana Yusuf Amrulah berkata:

    Asslkm.Wr.Wb, Aa gym yang di rahmati Allah, banyak hujatan2 yang menimpa Aa Gym namun bersbrlah Aa dan terus berceramah krn disitulah kemenangan demi kemenangan bisa diraih oleh Aa dan ke2 istri Aa Gym. yang sy jd bingung Aa nikah resmi orang ribut sementara artis2 ato tokoh yg lain kumpul kebo ulama diam sampai2 Presiden meriang??? Pertanyaannya hari seberapa besar cinta kita Kepada Allah SWT dan RasulNya??? mari kt buktikan bersama-sama sy tetap mendukung Aa Gym agar kt senantias Istiqomah dan insya Allah dipanggil oleh Allah SWT dalam keadaan Khusnul Khotimah, amin ya Allah ya Robbalamin

  43. laluna berkata:

    Tul! singkat kata, yang nggak tahu hukumnya harap diam, karena anda berhadapan dengan hukum Allah SWT.
    mengenai hukum sosial, hukum Allah SWT pun telah mencakupinya.
    AlQuran diciptakan untuk pedoman manusia dalam hubungannya dengan Tuhan, sesama manusia, dan lingkungan.
    tiada yang mengetahui AA Gym selain dirinya sendiri dan Allah SWT beserta para malaikatNya. simple kan.

  44. laluni berkata:

    tul, singkatt……bener komen Laluna. hehehe…..😀

  45. Deden Ganjar berkata:

    Aa jalan’na sudah diluruskeun atuh ?

    oh, salah. Maksudna’ pedangna masih lurus, teu ?
    kasihan atuh si teteh bini baru’na kalau teu diluruskeun terus pedangna’…. hehehe

    syahwat teh emang nikmattttttt akangg… peuduli amat jadi ustad keq gembel keq, pokokna’ syahwat itu NIQMMAAATTTTTT… Aa’… uh oh uh oh arggghhhhh…
    😉

  46. Purwanto berkata:

    Atas berkat Rohmat Allah Yang Maha Kuasa

    Saya urun rembuk..

    Kalau menurutku wajar aja..
    karena beliau kaya, dan mampu menafkahi lahir dan batin dan lagi pula tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam, apa lagi yg kita ributkan.
    jadi kalau kita menyalahkan beliau sama juga tdk setuju dengan aturan agama islam otomatis menentang agama islam, apakah anda sdh tahu bagaimana resikonya menentang agama islam.
    aa gym tidak norak, aa gym tdk salah karena bertanggung jawab menikahi yg dicintainya.
    Yg salah sdh dibawa kesana sini tapi tdk mau menikahinya ..kalau sdh begitu apa kata dunia he he he

    salam,

    liek pok

  47. yohz berkata:

    kalau masalah seperti ini dibesar-besarkan, kapan Islam bisa bersatu??bagi anda sekalian yang bekerja hanya untuk menyalahkan orang, apa yang bisa anda lakukan demi agama anda??sadarlah, saatnya kita bersatu dalam suatu barisan.

  48. Pengembara berkata:

    marilah kita sama-sama melihat diri kita sendiri karena musuh yang utama ada didalam diri kita sendiri,sedikit bicara banyak kerja.Pelajari Islam secara menyeluruh: syariat,tarekat,hakekat dan makrifat.cukuplah Allah SWT yang tahu

  49. taouqu berkata:

    Ass wr wb.
    Allah telah menunjukkan ke kita suatu kebenaran.
    Apakah Aa bahagia dengan plgm nya atau tidak, bisa dilihat
    dari raut mukanya saat ini.
    Kata kata bisa dirangkai, tapi muka tidak bisa berbohong.
    Yang saya lihat adalah wajah keriput menua penuh penyesalah
    tergambar dimukanya.
    Semoga pelajaran berharga ini bisa dijadikan referensi,
    bagi yang hendak menirunya.
    Wass ww

  50. ISKANDAR berkata:

    aa
    aa
    aa
    wow keren a
    saya setuju dengan aa gym kalo bisa kawin terus sampai gempor…..

  51. h. samsuri berkata:

    poligami bkan suatu yang luar biasa, selama allah membenarkan. islam tidak melarang, apalagi jelas-jelas dalam al qur’an diperbolehkan. bila kaum wanita tidak suka dipoligami, maka cukup baginya mengatakan pad suaminya” bahwa ia tidak suka dipoligami.
    penentangan terhadap ayat-ayat Allah dalam al qur’an adalah sebuah kemunafikan dan berimplikasi luas terhadap akidah, ketidakpasrahan atau pertentangan dari islam yang memiliki 6 rukun iman, sebut saja salah satunya beriman kepada kitab-kitab Allah, dan pertentangan terhadap pengakuan al qur’an sebagai satu-satunya pedoman hidup (guide line life for muslim) (al Baqoroh ayat 2). pendapat ini dikuatkan oleh Prof. Dr. Ali Mustofa Ya’kub MA.
    peraturan yang ketat dalam islam tentu tidak memudahkan pula bagi seorang laki-laki untuk dapat begitu saja berpoligami, karena memang konsep keadilan sangatlah semu, timbangan keadilan tidak semudah mempertimbangkan sebuah benda dengan barometer berat. tapi tentulah ayat-ayat tentang poligami tersebut dalam al qur’an diturunkan dengan tujun yang sangat baik dan mulia. mari kita pikirkan ketika jumlah wanita jauh lebih banyak dari jumlah pria, dengan faktor usia yang tidak terlalu jauh, ……….

  52. adi sumiardi berkata:

    pada hakekat nya semua manusia sepenuh nya dalam genggaman ALLOH,
    kita tak dapat sedikit pun terlepas dari kesalahan,dan dosa.
    namun kita diwajibkan,untuk selalu berlindung kepada ALLOH,pada setiap kejadian dan melihat setiap yang terjadi.
    berlindung kepada ALLOH bukan hanya untuk minta pertolongan saja, atau dalam keadaan susah.tapi dalam keadaan senang pun kita wajib berlindung.Dan orang yang benar adalah yang setiap kejadian,selalu
    mengutamakan ALLOH,bukan kejadian duniawi.

  53. ummah ammara berkata:

    subhanallah……
    tuk aa selamat menikmati hidangan Allah yang Maha Agung, selamat mengumpulkan pahala dr sabar, selamat terbang melayang karena ringannya dosa yg terkikis oleh berbagai hujatan. smg Allah membuka segala hijab yang menghalangi aa u mencintaiNya.

    tuk teh ninih, semakin sabar dan kuat tuk menjadi bidadari dunia dan surga, smg kelak teteh bertemu dg khadijah binti khuwailid dikarenakan kesabaran dan keihklasan teteh, amiinnnnn.

    tuk teh rini, inilah perlombaan sesungguhnya berhadiah firdaus, selamat bertarung dg sportifitas kualitas tuntutan Allah, smg berhasil !!!!!!!

  54. salam berkata:

    ngikut!!!…

    heran sama masyarakat kita, susah banget caranya bikin mereka mengerti, terbuka ato objektif dalam beragama. terlepas dari komunitas anda, hemat saya anda perlu memahami lebih dalam -kalau bisa lebih dewasa- tentang poligami, terutama dalam beragama tentunya.

    siapapun, manusia manapun, dimanapun, dia sah berpoligami,selama dia bisa memenuhi syarat2nya. Firman Tuhan tentang dia tidak menjadikan dua hati dalam satu jiwa sangat betul. Nabi sendiri lebih menyayangi Aisyah daripada istri2 yang lain. So!? Adakah diantara anda yang melarang muslim mengikuti ajaran Rasul?
    – bukan mau apa,tanya saja:D-

    kenapa anda menjadikan “Islam” anda sangat eksklusif? baek anda maen kenegara islam lain selain asia, sy rekomen ke Kairolah sbg awal, disana anda akan menghirup betul oksigen kedewasaan dalam beragama.

    pembunuhan karakter betul yang saya rasakan dari kasus ini, kita tak ada yang tau hati manusia. sy malah khawatir ada segelintir oknum yang berkepentingan.

    kita doakan yang terbaik lah buat semua.

  55. tyas berkata:

    hai kalian yang di atas jangan pada begitu so’alnya gue setia dan selalu ikut apa yang aa lakukan , aa ngaji saya juga ngaji,aa dakwah saya juga dakwah dan aa kawin lagi gue bentar la juga nyusul kawin lagi. mohon do’a restu aja ya………

  56. Rahman Karnawan berkata:

    semua lebih baik pada introsfeksi diri,jangan mengurusi orang lain aja, aa jg manusia biasa lagi pula yang dia lakukan adalah halal nikah bukan zina, jadi lebih baik sekarang kita perbaiki diri kita masing _ masing. DT GUE BANGET.

  57. ary berkata:

    ah jangan pada komen yang ga2 tentang a’a mendingan arusin aja dan intropeksi diri kita apakah diri kita sudah benar2 suci.

  58. Moh.Firman berkata:

    Assalamualaikum Aa,maju terus pantang mundur Aa,bila perlunambah lg aja biar tmbh heboh,ktnya ini sesama muslim saudara,slh satu tubuh tersakiti yg lain ikut merasa sakit???klo menghujat dan menghakimi itu gampang gratis lagi???drpd sibuk ngurusin orang lain hakimi diri sendiri dulu dah bnr lom…ya kan?mau naik motor gede apa onta gd ga’ mslh yg ptng pnya sendiri dpt beli ga ngutang apalagi nyuri ya ga Aa? “Hisablah dirimu sendiri sebelum engkau di hisab” bnr ga Aa kutipan Hadits ane Aa? ingetlah ada Hakim dr Segala Hakim Semesta,ada Haq dr Al-Haq Sejati so terusin hidup qta dg apa yg qta tahu n qta ngerti aja deh simple koq?!ga usah neko2 sok suci n bener ga ada yg tahu kecuali Yang Maha Tahu,ga ada yang bener kecuali Yang Maha Benar tl ga Akhi wa Akhwat se-Indonesia???

  59. Reza berkata:

    Saya setuju dengan Aa Gym yang kawin lagi, halal, daripada “kokbrut” di Stasioun. Dosa tahouuuuuuuuu…………….!

  60. Reza berkata:

    Aa Gym, saya lagi butuh bantuan baik secara moral dan materi. karena sedang susah dan terhimpit hutang. apakah ada bvantuan di Daarut Tauhid mengenai hal ini. Karena saya sudah sangat bingung. minta bantuan tapi tetap tidak dapat. saya sangat bertanggung jawab. Mhn maaf kalau di rubrik komentar ini saya meminta bantuan. Aa Gym, mhn bantuan nya, saya ada di 081322555934, semoga amal Aa Gym diterima Allah SWT. Amin

  61. zulekha berkata:

    Wah, tulisan yang sangat ekspresif dan mengena, mudah2an Aa Gym baca nieh……..

  62. fgg berkata:

    berserah diri pada Allah.itu lbh baik.

  63. m. denon berkata:

    Dia adalah manusia sama seperti kita yang tak luput dari salah dan lupa, saudara-saudaraku seiman dan setaQwa marilah kita lihat adakah kesalahan kecil maupun besar dalam hati kita. maka perbanyaklah koreksi hati kita sendiri……

  64. Anonim berkata:

    aa tidak munafik/ mungkin anda saja yang kepingin tapi tidak punya modal,,,,,,,

    • anonim berkata:

      Berpoligami itu boleh boleh saja asal adil, tapi bagaimana yang disebut adil itu.
      Kalau laki laki boleh berpoligami, maka wanitapun harus boleh berpoliandri itu baru adil

  65. Anonim berkata:

    yang lebih tahu mana yg baik itu dr Aa sendiri qt mah cuma bisa doa-in semoga baik2 ja,dan bisa mendatangkan manfaat, pasti ada alasan yg kuat seorang Aa gym menikah lagi setelah menikah dgm teteh ninih sekian lama,dan sulit menghindari pernikahan dgn teh rini. tp alasanya apa yah? cp tw qt bs kebagian hikmahny.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s