Ungkapan Kasih IBu

pertama kali baca puisi Ratih Sang ini, rasa hati ingin menagis. mencoba membayangkan kembali kasih sayang dan perjuangan ibu dalam membesarkan kita. benar kata lagu yang sering kita nyayikan pada masa kanak-kanak kita ” Kasih ibu sepanjang jalan, tak terkira sepanjang masa, hanya memberi dan tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia “.

coba renungkan kembali kasih Ibu kita lewat puisi Ratih Sang ini, dan jangan lupa tuk selalu mengucap doa pada-Nya tuk Ibu tercinta kita. semoga bermanfaat.

mom-and-kid.jpg

Anakku,…
Bila ibu boleh memilih
Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu
Maka ibu akan memilih mengandungmu…
Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah

Sembilan bulan nak,… engkau hidup di perut ibu
Engkau ikut kemanapun ibu pergi
Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata…

Anakku,…
Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu
Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu
Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu
Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan
Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,
Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun

Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia
Saat itulah… saat paling membahagiakan
Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,
Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan,
Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu

Anakku,…
Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah, atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,
Maka ibu memilih menyusuimu,
Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga
Merasakan kehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu,
Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan

Anakku,…
Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat
Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle
Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu

Tetapi anakku…
Hidup memang pilihan…
Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana
Maka maafkanlah nak…
Maafkan ibu…
Maafkan ibu…
Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,
Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
Percayalah nak…
Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu
Percayalah nak…
Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu…

Ratih Sanggarwati (Ratih Sang)
Jakarta, 21 Agustus 2004
lihat ; KCM- Ratih Sanggarwati: Puisi Untuk Si Kecil

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di love. Tandai permalink.

176 Balasan ke Ungkapan Kasih IBu

  1. masdidi berkata:

    TriMakAsih Ibu………….
    Luv u 4 eva!!!!!!!!!

    mAaFkan kArena aNakmu cM bisa jd OranG aWam…ga LebiH!!

  2. Mz Fer berkata:

    Orang awam terus….dadi bosen. heheh….mari kita berdoa untik ibu kita, semoga kasihnya tidak akan pernah luntur, dan semoga tuhan membalasnya dengan kasih-Nya yang sempurna. Aminn…..

  3. pungkz berkata:

    aku ga tau sapa kamu…tapi “big applause” buat puisi kamu

  4. orido berkata:

    sebagai tambahan informasi..
    silahkan mampir..
    http://orido.wordpress.com/2006/08/24/hotd-ibu/

    semoga berguna..

  5. raf berkata:

    puisina oks euy,ibu maapin aku ya…

  6. NaNda berkata:

    puisinya buat gw sadar,,,mama maafin nda y!!!

  7. rere berkata:

    puisi kmu m’buat q ingt tuk slalu syg, syg n syg slalu ma ibu….
    ibu….maaf y,dah p’nah nyakitin prasaan mu….

  8. dini berkata:

    MakaSi mAMa…
    MaKaSi AtaS sMuA yG udH MAMA bERikAN kE dINi..

    MaAf..
    kArENa dINi SeLalU mENgeCEwAkAN MAMA

    I lOVe u WitH alL of My hEaRt..
    aLwAyS & fOReVeR..

  9. juan michael berkata:

    saya minta tolong di kirim puisi keemail saya karena saya adlah pengemar berat puisi anda jadi kita bisa saling betemanan aku posisinya di papua tolong yah ……………………………

  10. Ass.., saya membaca puisi ini,kertika saya sedang berdosa pada ibu.saya lagi dikantor pada saat saya menulis ini .saya cumpa ibu seminggu sekali.tapi saya pulang kecewa gara-gara ulah kakak saya.tapi semua isi dirumah kena kekesalan saya,termasud Ibunda saya.M@efkan saya mamah…?hati kecil saya sedih.saya menagis menulis surat ini.trimakasih ALLAh S.W.T. tolong berikesehatan jasmani dan rohani,kepada seluruh keluarga besar kami,terutama mamah..?biar saya sakit asalkan mamah sehat .AMIN. wass

  11. saya cari temen yang bisa diajak saling memberi sehat dan menasehati.email saya ; maxdunia_357@yahoo.com

  12. Mz Fer berkata:

    saya yakin, ibunda sudah memaafkan kesalahan anda. tidak terkecuali, meskipun kesalahan tersebut sangatlah besar. ungkapan kasih ibu tiada terkira, tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. so, untuk membalasnya, senantiasa sempatkan berdo’a pada yang maha kuasa agar selalu memberikan yang terbaik untuk ibunda tercinta. salam kenal …. :-)

  13. d'tov berkata:

    assalamu’alaikumwrwb,… amienn… semoga Allah SWT selalu memberi ibu ksehatan, agar kasihnya tak pernah padam, dan cintanya pun takkan pernah terbenam.. karena aku juga ndak ingin lihat cahya senyum-senyum cinta dari seorang ibu menjadi kelam.. makasih dan maaf sbesar-besarnya buat mama.. wassalam..

  14. putreeee berkata:

    ma….maafkan kami anak2mu….
    karena kelak kami juga akan mengalami apa yang kau rasakan selama ini,,,
    we luv u…..

  15. iz berkata:

    ibu sungguh besar kasih sayangmu yang kau berikan pada anak2mu, ibu aku meminta maaf padamu aku rela mencium kakimu yang suci bahkan surga pun berada ditelapak kakimu,,ibu kau adalah ibu yang tak pnah mengeluh saat kau berada pada situasi yang sangat mendesak bahkan saat kau harus berjuang membagi waktu antara mengurus anakmu dan ayah yang sedang sakit stroke kau tetap tegar dan tabah selalu sabar menanti rejeki yang akan terus mengalir untukmu hingga akhirnya ayah harus berpulang kepada pemilik-Nya ya,ayah dipanggil oleh ALLAH SWT tapi kau tetap tegar menghadapi kenyataan dimana kau harus kehilangan seseorang yang ada disamping mu bertahun-tahun ibu aku salut akan perjuangan mu ibu ayah pasti bangga memiliki seorang istri yang sangat menyayangi nya bu…aku minta maaf ya…i loph u much mom n u have to know pap loph u too…..

  16. gitavina berkata:

    Puisi yang menyentuh lubuk hati seorang ibu yang selalu menyayangi putra tercinta dan tak akan dapat kita ucapkan tapi akan selalu ada di hati……

  17. adie berkata:

    a tak tau harus bilang apa…
    spertina ibuku g bner2 iklash…

  18. Riz berkata:

    BUNDA…. sungguh tak dapat ku uraikan dengan kata-kata betapa besar pengorbananmu… kasih sayang mu … cintamu… dan ketulusanmu …. rasanya cintaku padamu takkan pernah cukup menyamai sayang umi padaku…. semoga BUNDA selalu dalam lindunganNya …. suatu kebahagiaan terbesar bila ku dapat membuat bunda selalu tersenyum dan bahagia. I LOVE U BUNDA KU TERSAYANG.

  19. titi berkata:

    mama cepat sembuh yah…
    titi sayang mama…

    thanks banget puisinya…
    sampe kadang kita g menyadari
    betapa besar cintanya pada kita.

    saat dia berjuang melawan penyakit
    br kita sadar arti dan pengorbanannya…

  20. vrie97 berkata:

    ibu engkau adalah pahlawan bagi anak-anak mu, tanpamu ibu kami tidak bisa apa-apa. TERIMA KASIH YA BU. I LOVE YOU MOM

  21. amiroel_o berkata:

    bunda, makasih banyak atas semua pengorbanan yang engkau berikan kapada kami “anak2mu”. walaupun sang ayah telah di panggil oleh sang pencipta ALLAH SWT, tp kasih sayang mu tidak pernah pudar. I love U bunda,,..

    buat bunda tersayang Herawaty Moenaf,SPd

    From : Amiroel Oemara

  22. putra berkata:

    Mama…terimakasih banyak karenamu aku bisa melihat dunia ini…dan karena mama lah kami kenal dunia ini

    thank`s mama…I LoVE U buat mama

  23. putra berkata:

    buat yang nulis puisi ini thank`s ya

    baru sekarang gw sadar betapa berharganya seorang mama…dan betapa besarnya cintanya buat kita…mama maaf kan putra ya selama ini putra selalu melawan sama mama

  24. Harry berkata:

    Aku benar-benar merasakan penyesalan, memang… penyesalan selalu datang di akhir.
    Mamah, apapun bentuk kesalahanku yang kecil maupun yang terbesar…. Aku minta maaf yang sebesar-besarnya…. Mamah lah cahaya yang dapat menerangi ketika aku susah, kecewa, sengsara, sedih, gundah gulana….
    Cintamu memang tiada batas akhir… tiada jarak…. tiada nilai, sehingga aku merasakan cintamu sungguh berarti untuk hidupku….
    Maafkanlah aku Mah…. sehingga membuatmu sedih, perih, dan sakit…
    Hanya Doa-doa ku yang mungkin dapat membuatmu tersenyum hingga aku menitikkan air mataku…
    Selamat Jalan Mamah…. Semoga Mamah diberikan tempat yang indah dan layak disisiNya, semoga tenang di alam sana, dan semoga di jauhi dari siksa api neraka, di berikan jalan menuju pintu surga….Dan Surgalah tempat terbaik untuk Mamah… Mungkin inilah yang terbaik jalan untuk mu Mamah…
    Cinta anak-anakmu tak akan pernah pudar…Kami akan selalu mendoakanmu… Amin
    Selamat Jalan ibundaku tercinta….. 080848-181207

  25. rara berkata:

    Puisinya bagus bgt, dng bc itu aku jd inget ma ibu dirumah. Aku skrang jauh dari ibu. ibu aku hanya bisa berdoa semoga ibu dan juga bapak baik2 dirumah. Aku sayang sama kalian. I LOVE YOU SO MUCH.

  26. erwan berkata:

    i luv u mamah….. mizz u

  27. Zahra berkata:

    Ibu..maafkan anakmu ini yang sampai saat ini belum bisa membahagiakanmu? belum bisa membalas semua pengorbananmu? belum bisa melebihi kasih sayngmu untukQ…

    y Allah..ampunilah semua dosa2 ibuQ… Sayangilah dia karena dia telah menyayangiQ semenjak aq di dalam kandungannya.. masukkan dia ke Surga-Mu… Tambahkan Rizki-Mu untuknya… Amin….

  28. methz berkata:

    ,,,mama,,, metha kangen,,,
    makasih karena mama memilih berada disisi kita,,
    ,,luv U mom =}

  29. gohan berkata:

    ma… maaf kan aku jika tak bisa penuhi keinginanmu.
    aku akan tetep berusaha
    aku hanya mohon doa restumu

  30. Yuni berkata:

    makasih atas puisi yang sangat menyentuh ney…..
    aq ga tau apa yang harus kubuat untuk membaLas smua kebaikan mama aq……….
    Aq merasa aq tidakLah berarti tanpa mamaq tersayang….
    Mama aq sayang sekali sama mama…………………
    Maaafkan semua kesalahanq,tapi aq berjanji pada Tuhan aq akan tetap berusaha membahagiakan my parents

  31. woro berkata:

    indahnya….

  32. edo berkata:

    Puisimu buat ku sedihhhhhhhhhhh buanget.

    ku jadi kangen ma ibu nich………

  33. firman berkata:

    ibuuuu….
    ampuni saya ibu yg slalu menentang ibu

  34. apink berkata:

    ya Allah memang indah kasih ibu,,tulus dan tiada bertepi,,
    surga dibawah telapah kaki ibu ,dan dengannya aku dapat merasakan indahnya surga dunia ini,,semua karenamu ibu,,
    terimakasihhhh, semoga kita tetap lindunganNYA..,,

  35. saiko berkata:

    semoga ibu dirahmati….

  36. Iwan berkata:

    I love u mom

    kini ku tau isi hatimu.

  37. vrie97 berkata:

    Ma, ri minta maaf sebesar-besarnya atas semua kegundahan yang ri rasakan selama papa tidak ada. ri tau mama merasa ri begitu keras begitu tidak mau mengerti.padahal dilubuk hati ri yang paling kecil tertanam seribu sayang ri ke mama. mungkin saat ini ri hanya bisa menunjukkan hormat,cinta dan sayang ri seperti ini. pasti suatu saat mama, kakak ku yang selalu ku sayangi akan mengerti betapa ri sangat menyayangi keluarga ini.

  38. viko@yahoo.com berkata:

    miss u mom

  39. utha berkata:

    mama…!!!

    maaf kan utha ya…!!!

    utha selalu membohongi dirimu..!!!

  40. PuTr% berkata:

    mama…….
    terima kasih atas jasamu kepada q
    demi menguliahkn q kau tega berjemur,dan menguras keringatmu
    mama……..
    kau adalah segalanya bagi q
    kau juga adalah nyawa q
    begitu banyak pengorbananmu demi menghidupkan
    dan menyekolahkan anakmu sampai kepergeruan tinggi.
    mama………
    sampai sekarang q belum bisa membalas jasamu
    mama………
    terima kasih atas segala yang kau beri untuk q
    mama………. kasihmu sepanjang masa………
    ilove u…….mama !

  41. vita berkata:

    wlo pn q dbsarkn olh ibu tiriq tp stlah bca puisi rsanya tiada lg yg nmax ibu tiri dlam htiq yg ada adlh sosok ibu yg sllu sayang am q, ibu q sayang ibu n q pgn ibu sllu ad dsa’at q sedih maupun senang cz slma ni cma ibu yg q tau, wlopn ibu kndung q sndri tlah prgi mninggalkan q dsa’at q mmbtuhkan khangatan plukan beliau, ayah trimakasih krna tlah mmberikan ibu yang baek bwt q, I LOVE U MAM……:-)

  42. pic berkata:

    mah makasih untuk semuanya

  43. agus berkata:

    yakin puisinya menyenentuh banget

  44. L14N4 berkata:

    ibu…, kami anak2mu sangat menyayanngimu. kami sadar betapa berat derita dan perjuanganmu dalam membesarkan kami. tiada apapun yang dapat kami lakukan tuk membalas pengorbananmu selain “DOA”.

    Tuhan…
    Berikanlah umur yang panjang dan kesehatan serta perlindunganMu bagi Ibuku Sayang.

    Ibu….
    Kami bangga menjadi Anak-nakMu..

  45. boby berkata:

    aku lg jauh sma ibuku…..dan stelah baca puisi ini aku mnangis,,,,,mba tlong kirim puisi ke email aku ya ma kasih

  46. cia berkata:

    ibu.
    kalau aku bisa melukis,
    wajahmu adalah lukisan terindah pertama yg akan aku buat.

  47. adit berkata:

    ibu…
    anakmu mengakui kesalahannya
    yang tak bisa selalu membahagiakanmu

    ibu…
    anakmu mengakui kekeliruannya
    yang selalu membuat tubuhmu penat karena ulahku

    ibu…
    anakmu mengaku salah
    yang selalu membalas senyummu dengan tangismu

    ibu…
    anakmu mengaku salah
    yang tak menjagamu kala engkau rapuh

    Ya Allah…
    inilah diriku
    menghadap kepadaMu dengan penuh kehinaan

    Ya Allah…
    inilah diriku
    menghadapmu kepadaMu dengan setumpuk cela

    Ya Allah…
    ampunilah dosa-dosa orang tuaku dan dosaku

    Ya Allah
    ampunilah kesalahan-kesalahan orang tuaku dan diriku

    Ya Allah…
    kumpulkanlah diriku dengan orang tuaku dalam surga Firdaus…

  48. y4y4nk berkata:

    mama,y4y4nk kangen mama……..y4y4nk gie dianiyaya ma sayangnya y4y4nk nie.

  49. reza berkata:

    terima kasih ibu…..
    engkau mau melahirkanQ,merawatQ,dan mendidikQ menjadi seperti skrang
    maaf ibu…..
    aku belum bisa menjadi orang seperti yang kau harapkan

  50. meutia zahara berkata:

    Ass….Puisinya bagus, iZin ya! saya posting di MP saya. Thanks

  51. pujiastuti berkata:

    Bila,,,,,,,,,,
    kusam,,,lelah,,, ragu,,, marah ,,,, singgah menghampiri
    keputus asaan menyapa bagai angin mengempaskanku hingga aku mampu terhempas tejatuh,, bahkan teluka ,,,, membuatku menangis , membuatku mengeluh ,,,, terasa tak hidup. hanya satu kata yang mampu membuatku tegak berdiri yaitu kata ibu ,,, dia yang selalu menemaniku ,,,mengiburku yaaaa dia dia yang selalu pehatian memberi semangat yang tak habis untuk ku ,,, meski kini tak lagi kurasa peluk hangat yaaa,,, meski kini ucapan segala cerita telah jauh memisahkanku ,,, yaaa demi sebuah mimpi,,, mimpi hingga aku ada disini menjauh dari ibu menjauh dari hngatya pelukan ibu aaaaahhhhhhh,,,,,, ingin sekali aku berteriak agar ibu mendengar bahwa disini aku sendiri tanpa teman ,,, bahwa disinia aku sering menangis merindukan ibu ,,,, ibu aku ingi cepat pulang memeluk ibu memeluk ayah mafkan aku yang selalu tak menurut ,, mafkan aku yang tak pernah mampu membanggaka mu ,,,, maafkan aku yang tak bisa membahagiakanmu AKU MENCINTAIMU SELALU …..

  52. nda berkata:

    makasih ibu…………………
    luph u 4ever,,,,

  53. tiar badawi berkata:

    ibu maafkan aku ya,,,aku selalu membantahmu,aku selalu membuat kamu kesal

  54. tiar badawi berkata:

    ibu maafkan aku ya,,,aku selalu membantahmu,aku selalu membuat kamu kesal………aku tau sebenarnya ibu sayang ma aku,,,,sekarang aku dah jauh ma ibu sehingga aku bisa ngerti betapa pentingnya ibu ada disini….i love you ma

  55. Ping-balik: » Ungkapan Kasih Yang Tak Bersyarat… My diary…

  56. Ping-balik: Ungkapan Kasih Ibu | Kata-Kata Indah Para Pujangga

  57. hadi berkata:

    Hiks….

    Ma,… maafin adi yah!…

    terimakasih untuk semua yang mama berikan, mungkin adi g bisa memberikan yang terbaik untuk mama. Tapi, adi janji untuk membuat mama selalu tersenyum..

    mama,,, I Love You MAMA..

  58. farien zein berkata:

    aku terharu banget ma puisi yg satu ne….love you mom…may allah bless you…

  59. lisyha berkata:

    ibu…terima kasih kau telah membesar kan aqu hingga aqu bisa merasakan pahit dan manisnya dunia ini..
    ibu,,,,aqu sayang sama ibu i love you forever

  60. NADA berkata:

    IBU U ADALAH BELAHAN JIWAKU <
    < *

  61. imey berkata:

    Assalamu’alaikum….

    huweeeeeeeeeee
    hiks…..hiks….
    kangen…
    ibuuuuuuu…….
    makasih puisinya mbak ratih sang….
    bener2 bagus bgt….

  62. qiara berkata:

    ibu,,,kau adalah segalanya bagiku…masa kecilku penuh canda dan tawa,dipeluk dan dimanja.. betapa bahagianya kurasa saat berada disampingmu..ayah dan ibu,kasihmu tak bisa di tukar ganti,tak bisa dijual beli…aku sayang sama kamu…walaupun hidupmu penuh dengan derita,deria untuk membesarkanku..kau tetap tabah,kau tetap kuat..aku bangga mempunyai seorang ibu seperti kamu..yerima kasih kerana melahirkan aku didunia ini..tanpa kau aku tidak bisa melihat setiap keindahan dunia cipyaan allah S.W.T……terima kasih ibu..i love you so much!!!!!

  63. maya berkata:

    Terima kasih buat puisi yang bagus bgt ini..

    terima kasih buat Ibu yang sudah berjuang untuk mengandung + melahirkan aku ke dunia meski tidak ikut merawat aku karena divorce..namun aku sangat menghargai mu Ibu..

    sebagai seorang ibu,
    saat ini saya sedang bekerja, jadi merasa sangat berat untuk meningglkan anak yg masih 9 bulan..
    suatu saat saya harap anak saya dapat memahami perasaan saya saat ini..

    sekali lagi..terima kasih Bu Ratih Sang

  64. dhanang berkata:

    terimakasih Tuhan kau telah menurunkan malaikat q yang selalu menyayangi q sepanjang waktu…………..

    ibu……
    q sayang ama kamu………

  65. Lyn berkata:

    Betapa indah puisi…begitulah perasaan dan naluri ibu…Aku yang pernah menjadi ibu begitu jugalah rasa bagaiman kasihnya pada anak2…Selamat hari ibu..buat semua ibu2…….

  66. reza berkata:

    kasih ibu sepanjang masa

  67. pipih berkata:

    Selama 18thn W blum pernah ketemu ama ibu dan ayah W .
    Setiap W ulangtahun W selalu berdoa ,byar W ketemu sama orang tua W .
    W selalu sirik sama org lain yang punya orangtua .
    W pengen ngerasain hangatnya peluk seorg ibu .

  68. Raymond berkata:

    bacod..

  69. teguh berkata:

    trimakasih ibu

    cinta dan sayangku hanya untukmu seorang
    ibu………….
    aku ingin memelukmu lagi
    aku ingin didekatmu sekarang

  70. yuan yulia berkata:

    subhanallah,,bu,terima kasih banyak bu…saya sayang ibu…kasih ibu takkan pernah terbalaskan oleh apapun dan sampai kapanpun….saya mohon doamu ibu…

  71. gita berkata:

    I love you full mam,…………………

  72. Arleyne berkata:

    I Love you mom,,,
    4eVer,,,

  73. aliakbal musa berkata:

    ibu terima kasih atas jasa mu kerana melahirkan saya di dunia ini,
    saya rasa bersukur sebab ibu sanggup menjaga saya sehingga ke hari ini,
    jasa mu ibu tidak dapat kami balas dengan wang ringgit hanyalah dengan sekalung doa….

  74. widiya berkata:

    tingkyu dah bagi2 pisinya yg menentuh bgt
    …..makasih mama….atas segala cinta dan kasih yang mama beri
    terimakasih mama atas segala perjuangan yg tlah mama korbankan
    terima kasih mama tas semua do’a yang mama panjatkan untukku
    makasih mama atas segala amanah yang mama percayakan padaku
    makasih mama atas semua yang telah mama lakukan untuk kami
    sejuta ungkapan terima kasih ku tak mampu mengimbangi semua ketulusan
    yang mama anugrahkan padaku
    namun…ada sepenggal kata yang yang belum ku ucap
    “maafkan aku mama”belum bisa membuat membuat mu bangga padaku
    hingga hembusan nafas terakhirmu
    tapi aku berjanji akan membuat simpul senyum mama mjd yang tercantik
    karena aku tidak akan mengecewakanmu
    agar mama tau, betapa aku mencintai dan merindukanmu
    terima kasih ya..Allah
    atas segala rahmat dan karunia mu
    terima kasih telah melahirkan ku ke bumi
    dari rahim seorang wanita yang sangat cantik dan hebat di bumi ini
    mama….. aku sayang mama

  75. tias berkata:

    thanks mom,,,,,,,,,,,,,,,
    You are my life………..
    luph U
    4ever………….

  76. vhie2 berkata:

    mama…
    q chayank buanget ma’ mama…
    q janji ga’ akan ngecewain mama, n q janji bakal jadi anak yg bisa ngebahagain n ngebanggain mama…
    LOVE U SO MUCH…!!!
    ALWAYS…
    N 4EVER…!!!
    thanks god, u give me mother like her…
    nothing other can changes her in my heart…
    just u, ma…

  77. habib01spink berkata:

    katanya ibu:
    “Anakku,…
    Bila ibu boleh memilih
    Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu
    Maka ibu akan memilih mengandungmu…
    Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah

    Sembilan bulan nak,… engkau hidup di perut ibu
    Engkau ikut kemanapun ibu pergi
    Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan
    Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata…

    Anakku,…
    Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu
    Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu
    Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu
    Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
    Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan
    Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
    Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,
    Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun

    Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia
    Saat itulah… saat paling membahagiakan
    Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,
    Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan,
    Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu

    Anakku,…
    Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah, atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,
    Maka ibu memilih menyusuimu,
    Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga
    Merasakan kehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu,
    Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan

    Anakku,…
    Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat
    Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle
    Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu

    Tetapi anakku…
    Hidup memang pilihan…
    Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana
    Maka maafkanlah nak…
    Maafkan ibu…
    Maafkan ibu…
    Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,
    Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang
    Percayalah nak…
    Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu
    Percayalah nak…
    Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu…”

  78. habib01spink berkata:

    Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
    Lewati rintang untuk aku anakmu
    Ibuku sayang masih terus berjalan
    Walau tapak kaki, penuh darah… penuh nanah

    Seperti udara… kasih yang engkau berikan
    Tak mampu ku membalas…ibu…ibu

    Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu
    Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

    Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
    Dengan apa membalas…ibu…ibu….

  79. randi ,m berkata:

    maafkan aku mamah trecinta

  80. corry berkata:

    trimakasih bgt mami, punya ibu kaya mami itu bnr2 buntung bgt bwt a.. a jg mw minta maaf karna a sadar sering bgt bwt mami sedih & kecewa. a mw ngebales smua kbaikan mami.. a mw bgt bkin mami bahagia…. moga a bisa wujudin itu. mami, a sayang bgt sm mami… mami cpt sembuh ya.. =)

  81. liza sumarlin berkata:

    terima kasih buat kebaikan mu ibu. kadang kau marah tetapi tidak keras . bagaimana aku harus membalas kebaikan mu ibu . kasih mu tidak pernah berubah sepanjang masa seperti yang ada dilagu kasih ibu sepangjang jalan tak terkira sepangjang masa hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia

  82. lina berkata:

    terima kasih buat kebaikan mu ibu.

  83. apik berkata:

    tidak bisa berkata apa apa selain hanya doa yang bisa aku berikan kepada ibu.
    aku suka puisi ini. membuat aku meneteskan airmata dan teringan pelukan hangat sang ibu

  84. damiana berkata:

    kasih ibu sepanjang masa kasih mu tiada terbalas untukku terima kasih ibu i love you verry much !!!!

  85. suwarno berkata:

    Saya sangat menyukai ini, permisi sy copy ke facebook saya…. terima kasih.

  86. Hendika Koentardiani berkata:

    Demikian juga kepada Ibu kita, mohon ijin saya forward ke ketiga anak saya yg krn sikon ke3nya jauh dari saya. Terimakasih ibu Ratih Sang

  87. Ibu, maafkan semua kesalahanku…!!! karena selama ini aku telah banyak mengecewakan ibu…
    Maaf ibu, aku selama ini hanya membuat hatimu kesal karena perilaku ku. aku sebenarnya telah menyadari semua kesalahanku selama ini. maaf ibu, aku telah memutuskan semua harapan ibu karena aku hamil duluan. padahal ibu telah berjuang susah payah cari uang untuk menyekolahkan aku sampai aku berhasil. tapi aku telah menghancurkan semua impian ibu. ibu, tolong , maafkan aku. hanya dengan maaf ibu, jalan dan hatiku jadi terang…

  88. ucup berkata:

    Apapun yang sudah kita buat belum apa-apa dibandingkan dengan kasih sayang ibu yang telah diberikan pada kita.Ya Alloh , curahkan kasih sayang-Mu pada kedua orang tuaku, teramat khusus untuk ibu. Allahummaghfirlanaa wali-waalidainaa warhamhumaa kamaa rabbayanii shaghiiraa. Amiin

  89. merry berkata:

    aku terharu dgn puisimu… karena aku juga sayang banget ama mama aku,so suatu ari aku juga bakal bikin puisi yg ga kalah dgn puisi indah yg laennya…..!!!!peace…

  90. agung rahayu berkata:

    subhanallah,,, tak salah jika karna ukiran2 kata tu hati ini bergetar dan air mata ini tak kuasa!!!
    sungguh mulia engkau ya ibu di mata SANG PENYAYANG!!!
    maaf yg terucap karna blum bisa memberikan bahagia untuk mu ibu,,
    I Love U mom,,,

  91. ayu mazlima mamonto berkata:

    subhanALLAH…… aku syang pdmu ibu…… jsamu tak kn prnah bisa ku blas dgn apapun…… yg bisa ku lakukan adl membrikan yg terbaik utkmu wahai ibuku tersayang….. maafdon tala`ku mama….. love you mom….

  92. ardi berkata:

    terima kasih Tuhan karena kau telah memberikan Ibu yang rela berkorban bagi aku..

  93. hadi arip kurniawan berkata:

    IBU…ungkapan apa yang tepat untuk perjuanganmu dalam kelangsungan hidupku..ibu adalah pahlawan ku..ibu adalah inspirasi bagi ku..aq jauh sekarang dari ibu..aq kangen ibu..aq kangen semua tentang ibu..ibu ..ibu..kasih ibu sepanjang masa..

  94. dyah arindi berkata:

    IBU……… maafkan segala salahq kepadamu sering q membantah, marah kepadamu…..
    Maafkan q ibu karena cma dengan doa mu q beroleh keselamatan

  95. Anonymous berkata:

    BARANG SIApa yang membuat puisi ini….terima kasih….dengan sebesar-besarnya….karena puisi inilah yang bisa membuat aku bersemangat dalam melakukan setiap aktifitasku selama ini…dan karena untuk membahagiakan ibu seorang…..

  96. Anonymous berkata:

    Aq kgen mama…aq cyaaaaaank bget ma mama.,aq cinta mama…sabar ya ma u sekola in aq.,n aq pgen kerja n insya allah aq janji low aq da kerja gaperta q buat mama n papa q tercyank.. Ilu n imu 4 ever.,

  97. Dian berkata:

    nice poem!
    ^^, numpang mampir yaaa..

  98. tina berkata:

    saya membaca puisi ini saat saya di rantau. saya sangat jarang bertemu dengan ibuku karena aku berjumpa paling cepat 2 tahun sekali. selama kurang lebih 6 tahun saya baru bertemu 2 kali, dan kurang lebih satu bulan lamanya dalam 2 pertemuan itu.
    sebenarnya aku sangat menyayangi ibundaku, tapi saya tak dapat berada di sampingnya ketika ia membutuhkan aku.
    sejak usia 15 tahun aku pergi meninggalkan rumah untuk berkelana, terkadanga aku teringat ibuaku saat aku merasa lelah dan sakit.
    sayapun sangat sayang pada ayah dan bundaku, meraka bagaikan dunia dalam hidupku…karena mereka dan kasihnya saya telah lahir…
    oh, terimaka kasih bunda…
    terima kasih ayah…..semoga sang triratna melindingi kalian.
    ananda sangat menyayangimu, dan terima kasih atas puisi ini…..

  99. Anonymous berkata:

    gilaaa,,, meneteskan air mata……

  100. sidik say berkata:

    dari kecil ibu yg selalu ada di hati
    dari kecil ibu yang selalu mengasi asi untuk ku
    ibu semua jasa jasa mu kan ku kenang
    dan kan ku abAdi kan di dalam hati
    hingga akhir hayat
    terima kasih ibu…………………………………

  101. raynold berkata:

    ibu,
    terima kasih atas segala pengorbanan dan kasih sayang yang ibu curahkan
    ibu,
    terima kasih atas segala kejayaan yang ibu curahkan terhadap anakmu
    ibu,
    terima kasih atas cinta dan harapan yang ibu curahkan
    ibu,
    jasamu tetap saya kenang hingga akhir hayat, hubungan ibu dan anak tidak akan putus sampai bila-bila dan saya janji akan menjaga ibu dengan baik,

  102. dede berkata:

    trima kasih betapa besar pengorbanan ibu untuk anaknya.,.,
    maafkan aku ibu.,.,.,

  103. Indra_salomo berkata:

    Ibu engkau sangat mulia , karena engkau mengandungku di dalam perut ku bagai mana nnti istri ku ”’

    iBu panjangl ah umur mu supaya bisa meneggok cucu mu supaya kmu pun bisa menjadi opung .

    Thank’s mom
    I love you full”
    and mom you don’t cry ”

  104. furniture berkata:

    kasih ibu sepanjang masa, tak akan pernah pudar walau di telan masa… I love u mom

  105. endro prasiswo berkata:

    aku menangis,,minta tysunya donggggg

  106. Rizki lestari berkata:

    ad pepatah mengatakan kasih ibu sepanjang masa
    kasih anak sepanjang ingatan.
    tp aq tidak termasuk dari golongan anak itu.
    ibu adalah belahan jiwa ku,yang tak akan pernah
    bisa lupa dari ingatan ku.

    thanks puisinya sangat menyentuh.

  107. lina berkata:

    ibu adlah sglax bagi kta jngan skli kta skti hati ibuk kita krna bliau yang telah mlhirkan kta kbumi in tnpa ibu kta tak ada artix”maka jdi anak jang’an ska mlawan ortu’termsuk ibu’

  108. eyda aam berkata:

    Assalamu’alaikum.

    Maaf mohon izin copy puisi di atas untuk dikongsi dengan teman2.
    Memang menyentuh perasaan. Terima kasih

  109. wayn rage berkata:

    sangat hebat kesabasaran ibu

  110. wayn rage berkata:

    saya mint ijib tuk mengopi,,,

  111. Nana berkata:

    Mama…
    Aq sdh byk kecewakan, menyakiti hti mu…
    Aq sbnrny menyesal dg cra qu kpd mu… Hti kcl qu menangis saat aq bwt mu mrh. Mama.. Aq tw smua nasehat yg engkau brikan it utk kebaikan qu..
    Mama… Maafkan sgla kslhn yg aq perbuat… Aq tak mw lg menyakiti mu, aq menyayangi mu dg spnh ht qu, mgkn skrg aq blm bz mewujudkan keinginan mu… Tp aq brjanji pd Tuhan, aq akan membahagiakan mu…Mama… Aq syg bngt ma kmu, mama sllu ad d hti qu. I love u mom..

  112. david berkata:

    abang wina lagi menagis

  113. asriyon berkata:

    aku sayang dan sangat merindukan Mu ibu

  114. asriyon berkata:

    aku sayang dan sangat merindukan Mu ibu.
    semoga kau di berikan tempat yang paling ter indah dan layak di Sisi Nya,,,,

  115. Anonymous berkata:

    bru prtma kli bca rsa_a sprty ………………………

  116. herbinson tamba berkata:

    makasih buat penulis puisi ini. Anda telah membuka hati anak2 yg trtutup hatinya ttg kasih sayang ibu terhadap anaknya. Diberkatilah dirimu saudaraku.

  117. maaf kan Q mom klo slama ni Q hnya bisa mmbuat slah kpdmu .. . doain ajj klo ankmu ni bsa skses dlm sgala bdang .. . .
    amien .. .
    love U mOm . ..

  118. astuti salim berkata:

    aku rindu engkau mama ku….

  119. astuti salim berkata:

    mah….. jika tangan ini masih bisa merangkul mu lagi maka ingin aku ada di setiap butuh mu….ya allah semoga aku bisa jadi mutiara surga untuk mama ku….

  120. yulia sasmitha berkata:

    Ibu…adalah sosok yang sangat mengangum kan ,……kshna tiada tanding..tiada yg bs menggantikan ksih sayang dan cinta ibu pada anaknya …smua pengrbnanya tak kan tergnti walau sgumpal emas dan permata….
    ksihna begitu tulus …..
    ibu…aq sangat merindukanmu ….
    ibu..knpa qw bgtu cpt mninggalkan aq….disaat q blum bs membalaz jasa2mu…
    disaat q blum bs memberikan kebahagiaan utkmu …

  121. dessy berkata:

    makasih ibu..
    untuk semua rasa yang diberikan..
    maafkan anakmu
    untuk sgala kesalahan dan kekecewaan yg tlah kulakukan..

    i love you forever ibu..
    dunia akhirat ju ingin slalu bersamamu..

  122. iwi berkata:

    kren buangeddddddddddddd
    i love u full mama……………….

  123. dede berkata:

    saaaaaaaaaaaaadddddddddddddaaaaaaaaaappppppppppppppppp ;)

  124. sitty berkata:

    Hiks…hiks…hiks…. :’(

    Trimakasih bunda atas semua pengorbananmu….

    I love u so much…. :)

  125. Ping-balik:   Ungkapan Kasih Ibu by Kota Puisi

  126. IBU…,SELAMAT TAHUN BARU 2011…!!!!!…..:D

  127. MELY berkata:

    IBU AKU PEGEN MELIHAT IBU TERSENYUM INDAH DI DEPAN MATAKU…………………….. : D HEHEHEHEHEHEHE

  128. intna berkata:

    kasih ibu sepanjang msa.

  129. Syahril Nd berkata:

    Ibu maaf kan aku yang blm bisa dapat membahagiakan Ibu,,,

  130. BIBAH berkata:

    Keindahan keagungan ada pd dirnya kasihnya… mmbuat aku tahu … segala hal bimbingannya membuat aku mmpu berjln

  131. arhiesh berkata:

    terima kaish Ibu,, maafkan anakmu yg blum bisa membahagiakanmu,, ibu terima kasih I LOV BUNDA

  132. Viyo Triwidiarto berkata:

    makasih ibu,,udah buat q ada di dunia ini.tanpa keluh kesah kau membingbing driku.mafin aku ibu yg trkdng slu bkin ibu nangis krn ulah q…maafin q yang belum bisa buat ibu bangga sama aku..tp aku jaji,,suatu saat aku bakal bkin ibu nangis kara bangga dngan ku
    aku sayang ibu…

  133. Anonymous berkata:

    I’m Sorry Mom

  134. dheny cannser berkata:

    I Love Mom

  135. Konon di jepang dulu pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan.. Mereka yang dibuang adalah orang tua yang sdh tdk berdaya sehingga tdk memberatkan kehidupan anak2nya..

    Pada suatu hari ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya kehutan, krn si Ibu telah lumpuh dan agak pikun..
    Si pemuda tampak bergegas menyusuri hutan sambil menggendong ibunya. Si Ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya lalu mematahkannya dan menaburkannya disepanjang jalan yang mereka lalui.

    Sesampai didalam hutan yang sangat lebat, si anak menurunkan Ibu tsb dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan sedih krn ternyata dia tdk menyangka tega melakukan perbuatan ini terhadap Ibunya..

    Justru si Ibu yang tampak tegar, dalam senyumnya dia berkata ‘Anakku, Ibu sangat menyayangimu. Sejak kau kecil smp dewasa Ibu selalu merawatmu dgn segenap cintaku. Bahkan smp hari ini rasa sayangku tdk berkurang sedikitpun. Tadi Ibu sdh menandai sepanjang jalan yang kita lalui dgn ranting2 kayu. Ibu takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai dirumah..’

    Setelah mendengar kata2 tsb, si anak menangis dgn sangat keras, kemudian langsung memeluk ibunya dan kembali menggendongnya utk membawa si Ibu pulang kerumah. Pemuda tsb akhirnya merawat Ibu yang sangat mengasihinya smp Ibunya meninggal..

    Orang tua bukan barang rongsokan yang bisa dibuang atau diabaikan setelah terlihat tdk berdaya..
    Krn pd saat engkau menggapai sukses atau saat engkau dlm keadaan susah, hanya orang tua yang mengerti kita dan bathinnya akan menderita kalau kita susah.. Bukan istri, suami, ataupun teman..

    Orang tua kita tdk pernah meninggalkan kita, bagaimanapun keadaan kita, walaupun kita pernah kurang ajar kpd orang tua.. Namun Bapak dan Ibu kita akan tetap mengasihi kita..

    Mulai sekarang mari kita lebih mengasihi orang tua kita selagi mereka masih hidup..

    Bantu kirim yg merasa syang sama ortu’a

    I <3 U my Parents… ({})

  136. Aby Ungu berkata:

    akan ku lakukan apapun itu untuk kebahagiaan mu ibu..
    aku akan selalu dan selamanya menyayangi mu ibu.hingga nafas terakhir ini berhembus.. aku akan selallu membahagiakan mu..

  137. siti runa berkata:

    terima kasih ibu .betapa tingginya drajat mu betapa brsihnya hati mu bahkn engk rela brkorbn demi aq .aq bangga padamu ilove you ibu salam sayang dari anakmu siti

  138. Indra Insan berkata:

    Anonymous

    I’m Sorry Mom

  139. Ija berkata:

    betapa besarnya pengorbanan seorang IBU.. Baru kini ku rasa gembiranya bila ku akan jadi seorang IBU nt.. hmmm

  140. i love mom….and i am sorry..

  141. Helmy berkata:

    Maaf ya ma.
    Helmy nakal, tp skarang helmy ga gtu lg ko.
    Helmy udah gede, mau bhagiain mama.
    Makasi ya maa
    ;(

  142. poetry sunyi berkata:

    mama,,,,,, ma’afkan dhea atas semua kata_kata dhea yg telah nyakitin hati mama. dhea nda p’nah mikirin perasaan mama,.yg dhea pikirin cuma 1, mama yg bkn dhea merasa sepi. mamalah penyebab kesendirian dhea saat ini. mama yg selalu bikin dhea merasa sepi tanpa kehadiran papa……cuma tu yg da d pikiran dhea, dhea nda prnh mw dengarin penjelasan mama…….. ma, ma’afin dhea ma….. ma, dhea kangen sama mama. dhea mw pulang. dhea sayang mama skrang dan selamanya……………..

  143. Anonymous berkata:

    i love you forever mom…

  144. Abu Zidan berkata:

    aku sayang mama selamanya ….

  145. Anonymous berkata:

    Ibu ku adalah separoh nyawaku, aku takkan bisa hidup jika ibu ga ada disisiku, semangat hidupku, penerang jalanku selama ini, rasa terima kasihku sebesar apapun kepada ibuku, takkan cukup membalas kasih sayang yang ibu berikan padaku.

  146. Anonymous berkata:

    Mkci untk cerita@ menyentuh bget. . , . :’(
    by rizzky thee genk

  147. denox99 berkata:

    the mother is the best In the world..
    Allways in heart evryone n all people..

  148. Iis ernawaty berkata:

    Brbktilah kpda ibu u, ,sglgi msi d dunia, ,krna ibulha orng yg sngt brhrga di dnia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s